PDKT (PUSDIKES TIME)

Namo Buddhaya, Welcome to Dharmayana!

[PDKT]

PusDiKes Time

timeline_20191228_143924

SABTU, 28 DESEMBER 2019

[PDKT]
PusDiKes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu mengapa jari berbunyi ketika digertakkan?

Manipulasi sendi dengan menggertakkan dapat menghasilkan bunyi “krek” pada sendi. Sendi di tubuh, termasuk sendi jari tangan, memiliki semacam kantong kecil yang terisi oleh cairan sendi atau cairan sinovial. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas supaya tidak terjadi gesekan langsung ketika sendi digerakkan.

Ketika menarik, memutar, atau menggertakkan sendi, volume di antara rongga tersebut akan melebar dan bertambah. Volume yang melebar tersebut akan menyebabkan terjadinya tekanan negatif yang mengisap cairan sendi ke rongga yang baru. Cairan yang masuk secara tiba-tiba ini akan membuat timbulnya bunyi “krek” saat menggertakkannya.

Have a nice day 😊!

SABTU, 21 DESEMBER 2019

[PDKT]
PusDiKes Time

Hai DMers,
Apakah kalian tahu kelebihan dari semut?

Semut adalah hewan kecil yang memiliki struktur tubuh yang sangat kompak, sangat ideal, berbuku-buku, dan dengan porsi seimbang. Dengan tubuh tersebut, semut mampu menopang beban yang diangkatnya.

Seekor semut betina rata-rata bisa mengangkat beban sampai 50 kali berat tubuhnya sendiri. Semut mampu mengangkat beban lebih berat dari tubuhnya karena sistem pernapasan yang dimilikinya. Sehingga jumlah oksigen dalam tubuh semut jauh lebih tinggi dari jumlah oksigen dalam tubuh manusia.

Sistem pernapasan pada semut adalah trakea. Dalam tubuh semut terdapat lubang-lubang pernapasan bernama stigma atau spirakel yang menyebabkan oksigen lebih banyak diserap. Selain itu, semut juga memiliki kerangka luar atau eksoskeleton yang memberikan perlindungan dan juga tempat menempelnya otot.

Have a nice day 😊!

timeline_20191221_162409
timeline_20191213_192828

SABTU, 14 DESEMBER 2019

[PDKT]
PusDikes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu mengapa ide sering muncul ketika sedang mandi?

Dalam sebuah penelitian berjudul “The Psychologist Explain Why People Get Their Best Ideas in the Shower”, mengatakan bahwa 72% ide kreatif muncul ketika berada di kamar mandi. Mandi merupakan salah satu aktivitas mandiri yang membuat kita hanya fokus pada satu hal, yaitu membersihkan badan dan menikmati waktu untuk diri sendiri. Hal tersebut membuat pikiran menjadi lebih tenang dan lebih tajam.

Leo Widrich menegaskan bahwa perpaduan antara perasaan senang, rileks, dan distraksi ringan dapat mengusik ide kreatif dari alam bawah sadar otak. Distraksi inilah yang dapat membantu kita melepaskan diri dari dunia luar, beban yang selama ini dirasakan juga menghilang. Akhirnya, kita bisa menempatkan diri untuk berpikir jernih dalam suasana lebih hening dan muncullah solusi untuk permasalahan-permasalahan kita.

Saat kita rileks, otak juga melepaskan senyawa kimia dopamine, yaitu zat yang membuat kita merasa senang. Itulah mengapa kita bisa menemukan ide saat mandi atau melakukan hal yang kita sukai, karena kita teralihkan dari hal yang berat, kita merasa rileks, dan merasa senang.

Have a nice day 😊!

SABTU, 7 DESEMBER 2019

[PDKT]
PusDiKes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu mengapa mata manusia harus selalu berkedip?

Mengedipkan mata berfungsi untuk meratakan air mata yang kaya oksigen ke seluruh permukaan mata. Hal ini bertujuan untuk menghalau kotoran yang ada di bola mata terutama bagian kornea, bagian ini akan mengalami iritasi apabila kering.

Frekuensi seseorang berkedip juga bervariasi, sebagian besar dipengaruhi oleh usia. Kelenjar air mata pada orang lebih tua akan berkurang kinerjanya, sehingga bola mata menjadi lebih cepat kering. Akibatnya, mereka berkedip dengan lebih sering. Sebaliknya, bayi berkedip lebih jarang karena mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur, sehingga kondisi kelembaban bola mata tetap terjaga.

Ada beberapa fakta menarik tentang kedipan mata manusia, diantaranya adalah pada saat kondisi manusia berkonsentrasi pada sesuatu, kelopak mata manusia bisa “lupa” untuk berkedip, misalnya ketika sedang bermain game atau bekerja di depan layar monitor. Akibatnya, mata menjadi lebih mudah mengalami iritasi dan terasa pedih.

Have a nice day 😊!

timeline_20191207_133946
timeline_20191129_142838

SABTU, 30 NOVEMBER 2019

[PDKT]
PusDiKes Time
Halo DMers, apakah kalian tahu apa itu CPR?

CPR atau Cardiopulmonary Resuscitation adalah teknik kompresi dada dan pemberian napas buatan untuk orang-orang yang detak jantung atau pernapasannya terhenti. Tindakan CPR yang disebut juga Resusitasi Jantung Paru (RJP) juga bisa dilakukan pada orang yang tenggelam atau terkena serangan jantung.

Teknik pemberian CPR pada umumnya terdiri dari tiga langkah, yaitu:

1. Tekan atau kompresi dada
Letakkan satu telapak tangan di atas dada bagian tengah, dan letakkan telapak tangan kedua di atas tangan pertama. Pastikan posisi siku lurus dan bahu berada tepat di atas tangan. Setelah itu tekan dada sedalam kira-kira 5 cm sebanyak sekitar 100 hingga 120 kali per menit, dengan kecepatan satu hingga dua tekanan per detik.

2. Buka saluran pernapasan
Setelah melakukan penekanan terhadap dada sebanyak 30 kali, langkah selanjutnya adalah membuka saluran napas dengan cara mendongakkan kepala dan letakkan telapak tangan di dahi, kemudian angkat dagu secara lembut untuk membuka saluran napas.

3. Beri napas buatan dari mulut ke mulut
Pemberian napas buatan bisa dilakukan dari mulut ke mulut, atau dari mulut ke hidung, terutama jika mulut terluka parah atau tidak bisa dibuka.

Have a nice day 😊!

SABTU, 23 NOVEMBER 2019

[PDKT]
PusDiKes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu darimana asal racun ular?

Ular beracun memproduksi racun mereka di sebuah kantong di kepala, tepat di belakang mata. Racun tersebut merupakan perpaduan antara air liur ular yang memiliki kombinasi enzim tertentu pembentuk racun. Enzim tersebut bertemu dengan beberapa jenis protein, yang berbeda-beda komposisinya, tergantung spesies ular itu sendiri.

Racun ular dibagi menjadi dua kelompok besar berdasarkan akibat yang ditimbulkan pada mangsanya. Pertama adalah racun jenis Hemotoxic. Racun ini mempengaruhi organ dan darah. Yang kedua adalah jenis Neurotoxic. Racun ini mempengaruhi susunan saeaf pusat. Racun jenis ini yang paling berbahaya. Korban yang terkena bisa menderita kejang, lumpuh, bahkan kematian.

Tidak ada ular yang hanya memiliki satu jenis racun saja. Semua racun ular adalah hasil kombinasi. Namun komposisi masing-masing protein dan enzim penyusunan yang membuat efek racun ular berbeda-beda.

Have a nice day 😊!

timeline_20191122_220538
timeline_20191114_234826

SABTU, 16 NOVEMBER 2019

[PDKT]
PusDikes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu apa itu cinta menurut pengertian Buddhis?

Dalam Karaniyametta Sutta tentang cinta kasih, pengertian cinta adalah memberi. Ibarat cinta ibu kepada anak tunggalnya, penuh pengorbanan dan tulus. Inti kotbah tersebut adalah upaya mengembangkan pikiran cinta kasih dengan sering mengulang dalam batin “semoga semua makhluk hidup berbahagia” setiap saat terhadap semua makhluk.

Pengertian cinta selaras dengan pengertian Hukum Kamma, yang menjelaskan apa yang ditanam, itulah yang dituai. Dalam pengertian Hukum Kamma, umat Buddha diajarkan untuk bersikap proaktif. Cinta juga bersifat proaktif yaitu memberikan kebahagiaan kepada mereka yang dicintai. Jadi, apabila seseorang ‘menanam’ cinta, maka ia pun akan ‘memanen’ cinta.

Ketika cinta telah bermakna memberikan kebahagiaan, maka kualitas cinta menjadi sangat luhur. Seseorang dalam mencintai bukan lagi ingin memiliki atau mengikat. Semakin seseorang mencintai, semakin besar pula kebebasan yang ia berikan agar orang yang dicintainya berbahagia. Cinta yang memberi akan menjadi cinta yang bebas dari kecemburuan maupun pertentangan dan penuh kebahagiaan untuk kedua belah pihak. Cinta yang memberi dapat disebut sebagai cinta yang sejati dan jujur.

Have a nice day 😊!

SABTU, 9 NOVEMBER 2019

[PDKT]
PusDiKes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu 4 hal yang dapat dilakukan untuk membalas budi orang tua?

Dalam Anguttara Nikaya, dikatakan bahwa bakti yang bisa kita lakukan pada orang tua menjadi sempurna bila kita membantu atau mendorong mereka memiliki:

1. Saddha (Keyakinan)
Membuat mereka yang tadinya tak berkeyakinan, menjadi berkeyakinan pada Buddha, Dhamma, dan Sangha.

2. Sila (Moralitas)
Membuat mereka yang tadinya tak memiliki moralitas, menjadi memiliki moralitas.

3. Caga (Kemurahan hati)
Membuat mereka yang tadinya tak memiliki kemurahan hati, menjadi memiliki kemurahan hati.

4. Pañña (Kebijaksanaan)
Membuat mereka yang tadinya tak memiliki kebijaksanaan, menjadi memiliki kebijaksanaan (mengenal & memahami Dhamma).

Keempat hal tersebut akan mengkondisikan dan melindungi kebahagiaan dan kesejahteraan mereka, baik dalam kehidupan ini maupun kehidupan-kehidupan selanjutnya. Dengan cara itu, kita bisa melindungi mereka, baik saat kita berada di sisi mereka maupun saat kita tidak berada di sisi mereka.

Have a nice day 😊!

timeline_20191108_083651
timeline_20191102_164743

SABTU, 2 NOVEMBER 2019

[PDKT]
PusDiKes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu mengapa anjing suka menjulurkan lidah?

Ketika anjing menjulurkan lidahnya, anjing akan bernapas seperti sedang terengah-engah. Hal ini bertujuan untuk menarik udara dengan cepat di sepanjang lidah. Udara ini akan membantu untuk mengurangi kelembaban dan mendinginkan darah pada lidah. Darah yang sudah dingin ini kemudian akan mengalir ke sepanjang tubuh anjing dan mendinginkan tubuhnya.

Pada manusia dapat ditemui kelenjar keringat pada pori-pori kulit. Ketika keringat menguap, ia membawa serta panas dari tubuh. Pada anjing tidak ditemukan kelenjar semacam itu.

Bila anjing merasa kepanasan, anjing mencoba mendinginkan tubuh dengan mengeluarkan lidah sehingga uap lembab pada lidah mereka menghilang. Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa anjing hobi menjulurkan lidahnya.

Have a nice day 😊!

SABTU, 26 OKTOBER 2019

[PDKT]
PusDiKes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu mengapa telinga akan sakit ketika naik pesawat?

Di dalam telinga kita ada bagian yang bernama tuba eustachius yang berfungsi untuk mengatur tekanan udara di dalam dan di luar telinga agar tetap sama. Jika tekanan udara di dalam dan di luar telinga tidak sama, akan timbul beberapa masalah.

Saat pesawat mulai terbang, tekanan udara di luar telinga akan berubah dengan cepat. Semakin tinggi pesawat terbang, semakin rendah tekanan udaranya. Karena tekanan udara di luar telinga berubah dengan cepat, tuba eustachius tidak punya waktu untuk menyeimbangkan tekanan udara di dalam dan di luar telinga. Akhirnya, tekanan udara di dalam telinga lebih besar daripada tekanan udara di luar telinga. Hal itu akan membuat gendang telinga bengkak.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit di telinga, yaitu:

1. Kunyah permen karet, keripik, atau makanan lain. Gerakan mengunyah dan menelan bisa membantu telinga mengatur keseimbangan tekanan udara.

2. Tutup mulut dan cubit cuping hidung secara perlahan. Setelah itu, keluarkan udara dari hidung. Hal ini bisa membantu membuka tuba eustachius yang tersumbat selama penerbangan.

3. Menelan ludah beberapa kali.

Have a nice day 😊!

timeline_20191023_105038
18778

SABTU, 19 OKTOBER 2019

[PDKT]
PusDikes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu mengapa hidung kita akan berair ketika memakan makanan pedas?

Kandungan capsaicin dan allyl isothiocyanate yang terdapat pada cabai memiliki kemampuan untuk membuat selaput hidung menghasilkan lebih banyak lendir. Saat kedua zat tersebut bertemu, sensasi pedas akan muncul. Pada saat yang bersamaan, kedua zat tersebut juga mengakibatkan iritasi pada jaringan mukosa yang berada di tenggorokan, mulut, dan hidung.

Pada saat terjadi iritasi, membran mukosa akan langsung memberi respon yaitu dengan memproduksi lendir, dengan tujuan untuk membersihkan bagian kotor yang dianggap asing dan mencegah agar zat tersebut tidak masuk ke dalam saluran pernapasan. Lalu, lendir tersebut akan dikeluarkan melalui hidung dalam bentuk cairan.

Kondisi hidung berair ini akan membaik dengan sendirinya sehingga tidak perlu obat. Anda hanya perlu meredakan rasa pedas lebih cepat, salah satunya dengan meminum susu. Susu mengandung protein kasein yang dapat menghapus efek capsaicin atau allyl isothiocyanate pada mulut.

Have a nice day 😊!

SABTU, 12 OKTOBER 2019

[PDKT]
PusDiKes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu 4 alam menderita dalam agama Buddha?

1. Alam Neraka atau “Niraya” terbentuk atas dua kosakata, yaitu ‘ni’ yang berarti ‘bukan, tidak ada’ dan ‘aya’ yang berarti ‘kebajikan, kebahagiaan, perkembangan’. Niraya adalah suatu alam kehidupan yang penuh derita dan siksaan, tanpa kesempatan untuk berbuat kebajikan, tanpa kebahagiaan dan tanpa perkembangan.

2. Alam Binatang atau “Tiracchana” terbentuk atas dua kosakata, yaitu ‘tiro’ yang berarti ‘melintang, membujur’, dan ‘acchana’ yang berarti ‘berjalan’. Binatang disebut Tiracchana karena merintangi jalan menuju pencapaian jalan dan pahala.

3. Alam Setan atau “Peta” terbentuk atas dua kosakata, yaitu ‘pa’ yang berarti ‘ke depan, menyeluruh’, dan ‘ita’ yang berarti ‘telah pergi, telah meninggal’. Makhluk peta hidup sengsara karena kelaparan dan kehausan.

4. Alam Iblis atau “Asurakaya” terbentuk atas tiga kosakata, yaitu ‘a’ yang berarti unsur pembalik, ‘sura’ yang berarti ‘cemerlang’, dan ‘kaya’ yang berarti ‘tubuh’. Alam asura adalah suatu alam kehidupan yang serba kekurangan sehingga membuat batin tidak cemerlang.

Have a nice day 😊!

sdsdsds
timeline_20191004_125026

SABTU, 5 OKTOBER 2019

[PDKT]
PusDiKes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu alasan bunglon bisa berubah warna?

Di dalam kulit bunglon terdapat sebuah sel yang disebut sel kromatofor. Sel kromatofor dikelilingi oleh pigmen. Pada saat pigmen bersatu, maka warna kulit bunglon akan berubah. Sel kromatofor memiliki warna yang berbeda-beda. Sistem saraf bunglon ternyata terhubung dengan sel kromatofor, dengan begitu bunglon memiliki kemampuan untuk mengubah atau mengatur intensitas pigmen yang terdapat di dalam kulitnya.

Perubahan warna kulit pada bunglon dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Bunglon akan mengubah warna kulitnya pada saat ia merasa terancam atau saat ada musuh yang akan memangsanya. Bunglon juga akan berubah warna pada saat musim kawin untuk menarik perhatian para bunglon betina. Selain itu, kondisi suhu di tempat tertentu akan mempengaruhi warna kulit dari bunglon. Bunglon akan mengubah warna kulitnya menjadi gelap untuk memaksimalkan penyerapan panas pada saat musim dingin.

Have a nice day 😊!

SABTU, 28 SEPTEMBER 2019

[PDKT]
PusDiKes Time
Halo DMers, apakah kalian tahu mengapa keyboard memiliki urutan QWERTY?

Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin tik yang ditemukan oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin tik, seringkali saat tombol ditekan batang-batang huruf saling mengait (jamming).

Oleh karena itu pada tahun 1874, Sholes memecahkan permasalahan tersebut dengan membuat mesin tik model huruf “qwerty”. Ia mendesain keyboard “qwerty” untuk memisahkan pasangan huruf yang sering digunakan agar menjadi berjauhan, sehingga mesin tik akhirnya jadi lebih efisien digunakan.

Akhirnya, susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).

Have a nice day 😊!

timeline_20190927_205750
timeline_20190920_224049

SABTU, 21 SEPTEMBER 2019

[PDKT]
PusDiKes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu penyebab bau pada sigung?

Bau yang muncul dari tubuh sigung memang terkenal busuk. Dengan jangkauan hingga radius 3,6 meter, bau ini disemprotkan dari kelenjar bau di bagian anus sigung. Bau tersebut dapat menyebabkan muntah dan iritasi bahkan kebutaan.

Bagi sigung, bau tersebut berfungsi untuk mempertahankan diri dari serangan predator. Bau sigung mengandung zat kimia yang disebut Thiol. Thiol terbuat dari senyawa belerang dan memiliki bau yang sangat kuat, bahkan dapat bertahan hingga berminggu-minggu.

Saat ini, senyawa dalam bau sigung digunakan oleh ilmuwan untuk diadaptasi dalam parfum supaya parfum dapat bertahan lebih lama. Bau semprotan sigung juga dapat bersinar dalam gelap. Jadi, hati-hati ya jika melihat cahaya dengan bau menyengat, jangan-jangan berasal dari sigung.

Have a nice day 😊!

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019

[PDKT]
PusDikes Time

Halo DMers,
Apakah kalian tahu sejarah dan arti warna dari bendera Buddhis?

Pada Februari 1885 tercetus gagasan untuk membuat bendera yang dapat menjadi simbol dan lambang yang kelak dapat diterima dan dapat mempersatukan semua aliran umat Buddha di dunia. Bendera Buddhis internasional dibentuk dari warna-warna aura atau cahaya yang keluar dari tubuh Buddha ketika mencapai pencerahan dengan tujuan meniadakan perdebatan antar aliran.

Makna Panji Buddhis Enam Warna atau Sadvarna Dvhaja:
1. Biru (Nīla) dari warna rambut Sang Buddha melambangkan bakti atau pengabdian.
2. Kuning emas (Pīta) dari warna kulit Sang Buddha melambangkan kebijaksanaan.
3. Merah tua (Lohita) dari warna darah Sang Buddha melambangkan cinta kasih.
4. Putih (Odāta) dari warna tulang dan gigi Sang Buddha melambangkan kesucian.
5. Jingga (Manjesta) dari warna telapak tangan, kaki dan bibir Sang Buddha yang melambangkan semangat.
6. Gabungan kelima warna di atas (Prabhasvara) melambangkan gabungan kelima faktor yang tersebut di atas (Prabhasvara berarti bersinar sangat terang atau cemerlang).

Bendera Buddhis pertama kali dikibarkan pada hari raya Waisak tahun 1885 di Srilanka.

Have a nice day 😊!

timeline_20190913_070915
Ikan tidur

SABTU, 7 SEPTEMBER 2019

Halo DMers,
Apakah kalian tahu bagaimana cara ikan tidur?

1. Dalam posisi terdiam
Jika kita mengamati, suatu saat pasti ikan akan berada dalam kondisi terdiam seperti sedang tak sadarkan diri, tapi dengan mata yang tetap terbuka dan pada umumnya akan diam di dasar atau di tengah air. Dalam kondisi tersebut, ikan tidak melakukan gerakan apapun dan terdiam seolah sedang mengamati sesuatu padahal sedang tertidur pulas.

2. Tetap bergerak saat tidur
Beberapa jenis ikan bahkan harus tetap membuat gerakan saat tidur, agar aliran air tetap terjaga menuju insangnya dan tetap dalam kondisi setengah sadar, misalnya ikan yang berada di alam bebas. Hal ini memastikan ikan mendapat cukup pasokan oksigen dan tidak terbawa arus saat tidur dan tetap dengan mata terbuka.

3. Tidur dengan sembunyi di bebatuan
Ikan yang hidup di lingkungan bebatuan koral, akan sembunyi di antara bebatuan saat tidur, supaya terlindung dari predator.

Have a nice day 😊!

SABTU, 29 DESEMBER 2018

Hi DMers,
Apakah kalian tahu mengapa kelelawar tidur dengan cara terbalik?

1. Memudahkan kelelawar untuk terbang & lepas landas
Kelelawar memiliki cara yang unik dalam melakukan lepas landas untuk terbang. Urutan lepas landas kelelawar dimulai dari kepala bagian depan, punggung, perut, dan turun ke bawah dengan cara menjatuhkan diri. Ini membuat posisi terbalik justru lebih memudahkan kelelawar dalam memulai aktivitas terbang.

2. Membuat kelelawar terhindar dari serangan predator di siang hari
Sebagai hewan nokturnal, ketika siang hari kelelawar justru mengisi waktunya dengan tidur. Posisi tidur terbalik hanya bisa dilakukan di tempat yang tinggi di mana kelelawar dapat bergelantungan. Dengan tidur di tempat yang tinggi, memungkinkan kelelawar untuk terhindar dari serangan predator lainnya.

3. Menghemat energi kelelawar
Dengan posisi tidur terbalik, otot tendon bagian kaki bawah kelelawar akan otomatis tertarik oleh berat tubuh kelelawar sesuai beban gravitasi. Otot kaki yang tertarik ini memungkinkan kelelawar untuk mencengkram dengan kuat ranting atau ruang tempat mereka bergelantungan.

Have a nice day !

SABTU, 22 DESEMBER 2018

Hai DMers,
Apakah kalian tahu tentang ‘white lie’?

‘White lie’ atau biasanya disebut dengan berbohong demi kebaikan adalah kebohongan yang dilakukan dalam kondisi terdesak dengan tujuan baik seperti menghindari pertengkaran atau menghindari timbulnya konflik.

Dalam agama Buddha, Sang Buddha menjelaskan bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan akan mendapatkan hasil dari perbuatan tersebut. Demikian pula dengan ‘white lie’, kebaikan dan keburukan yang dilakukan dalam ‘white lie’ akan menghasilkan akibatnya masing-masing.

Perbuatan baik akan mendapatkan hasil yang baik dan perbuatan buruk akan mendapatkan hasil yang buruk. Maka dari itu, Sang Buddha mengajarkan kita untuk memperbanyak perbuatan baik dan menghindari perbuatan buruk.

Have a nice day  !

SABTU, 15 DESEMBER 2018

Hi DMers,
Apakah kalian tahu bagaimana proses terbentuknya pelangi?

Pelangi terjadi karena pembiasan cahaya. Cahaya matahari yang melewati sebuah tetes hujan akan dibiaskan melewatinya. Proses ini memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum.

Warna spektrum adalah warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu (me-ji-ku-hi-bi-ni-u). Kemudian, warna-warna itu memantul di belakang tetes hujan, yang akibatnya cahaya tampak melengkung menjadi pelangi. Meskipun kelihatannya pelangi berbentuk setengah lingkaran, bentuk pelangi sebenarnya adalah lingkaran.

Have a nice day  !

SABTU, 8 DESEMBER 2018

Hai DMers,
Apakah kalian tahu manfaat mendengarkan Dhamma?

Dalam Angutara Nikaya III, 2482, Sang Buddha menjelaskan ada 5 manfaat mendengarkan Dhamma (Dhammasavananisamsa), yaitu:

1. Asuttam Sunati (mendengarkan hal baru dan mendapat pengetahuan yang membantu menghindari persepsi yang salah)
2. Sutam Pariyodapeti (memperjelas hal-hal yang selama ini belum jelas)
3. Kankam Vihanati (menghilangkan keragu-raguan terhadap Sang Triratna dan menambah keyakinan)
4. Ditthi Ujum Karoti (memiliki pengertian benar)
5. Cittamassa Pasidati (pikiran menjadi tenang)

Demikianlah manfaat-manfaat mendengarkan Dhamma. Hendaknya kita lebih fokus saat mendengarkan Dhamma yang dibabarkan. Setelah mendengarkan Dhamma, ada baiknya kita praktikkan Dhamma yang dibabarkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga membawa lebih banyak manfaat.

‘Gunakan hatimu untuk mendengarkan Dhamma, bukan telingamu’
-Venerable Ajahn Chah-

Have a nice day !

SABTU, 1 DESEMBER 2018

Hai DMers,
Apakah kalian tahu tentang Efek Diderot?

Efek diderot bisa didefinisikan sebagai suatu kondisi yang membuat orang terus membeli barang baru demi melengkapi atau menyempurnakan barang yang sudah dimiliki.

Istilah Efek Diderot berasal dari nama seorang filsuf asal Perancis, Denis Diderot. Hal ini bermula ketika Diderot mendapat hadiah mantel yang indah dari temannya. Diderot sangat senang dengan mantel tersebut dan menganggapnya tak cocok digunakan di rumah berisi barang-barang usang. Akhirnya, Diderot memutuskan untuk membeli banyak barang baru demi memperbaiki isi rumahnya. Hingga Diderot kembali jatuh miskin hanya karena ingin menyesuaikan penampilan mantel dengan isi rumahnya. Tak lama berselang, Diderot terlilit hutang. Sebagaimana ia tulis dalam esai Regrets For My Old Dressing Gown, “Aku adalah pemilik mantel tua. Aku menjadi budak dari mantel yang baru”.

Efek Diderot menjadi salah satu perilaku boros yang sering terjadi pada masyarakat modern dan hampir tidak disadari. Contoh yang paling sederhana yaitu ketika anda membeli sepatu baru, kemudian merasa koleksi baju dan tas tidak cocok disandingkan dengan sepatu baru tersebut dan akhirnya anda memutuskan untuk membeli baju dan tas yang cocok. Padahal, barang-barang tersebut sebenarnya tidak dibutuhkan. Akibatnya, tabungan dan pendapatan anda terkuras untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. Anda rentan terjebak dalam gaya hidup hedonisme. Kemungkinan besar Anda akan kesulitan memenuhi kebutuhan hidup yang benar-benar dibutuhkan.

Have a nice day !

SABTU, 24 NOVEMBER 2018

Hai DMers,

Apakah kalian tahu tentang katsaridaphobia?



Katsaridaphobia adalah ketakutan berlebihan terhadap kecoak. Penderita menggunakan segala cara untuk memastikan tidak ada kecoak di sekitarnya. Faktor penyebabnya adalah anatomi kecoak, kemampuan menyebarkan penyakit, bisa terbang, genetik, dan pengalaman masa kecil saat melihat orang dewasa ketakutan melihat kecoak.



Biasanya penderita akan mengalami gangguan bernafas, gemetaran, denyut jantung tinggi, sensasi tenggelam atau mencekik, mati rasa, keringat berlebih, kesulitan berpikir atau berbicara dengan jelas, serangan panik, kurang kontrol, rasa takut berlebih, menangis, berteriak, mual, dan pusing.



Pengobatan dapat dilakukan dengan melihat foto kecoak, melihat dari kejauhan, menggunakan teknologi 3D dan augmented reality, satu ruangan dengan kecoak, menyentuh kecoak yang sudah mati, menyentuh yang masih hidup dan mengubah pola pikir tentang kecoak. Sebelum menjalani pengobatan di atas, diperlukan untuk datang ke psikolog untuk memastikan apakah ketakutan anda merupakan fobia atau bukan.


Have a nice day 😊!

SABTU, 17 NOVEMBER 2018

Hi DMers,
Apakah kalian tahu mengapa gigitan nyamuk terasa gatal?

Ketika nyamuk menusukkan sungut atau proboscis mereka ke dalam kulit kita untuk mendapatkan darah, maka nyamuk juga menyuntikkan air liur mereka. Air liur ini digunakan untuk membantu nyamuk meminum darah kita dengan lebih cepat karena mengandung zat antikoagulan (zat anti pembekuan darah).

Tubuh kita kemudian akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan berbagai antibodi sebagai respons terhadap keberadaan air liur, hal ini kemudian memicu pelepasan histamin.

Histamin adalah senyawa nitrogen yang membantu sel darah putih dan protein lain untuk melawan “benda asing” yang masuk ke dalam tubuh kita. Histamin kemudian akan membuat pembuluh darah yang terletak di dekat gigitan nyamuk membengkak. Proses ini akan menghasikan benjolan berwarna merah muda dan terasa gatal di tempat nyamuk menggigit kita.

Have a nice day 😊 !

SABTU, 11 NOVEMBER 2018

Hai DMers,

Apakah kalian tahu menyisir rambut setelah keramas berdampak buruk bagi rambut?

Ketika rambut basah, rambut akan membengkak sehingga lebih rentan terhadap kerontokan dan lebih mudah patah. Disarankan untuk menyisir rambut sebelum keramas untuk membuka setiap helaian rambut yang menempel atau kusut satu sama lain agar setiap helainya terkena shampo dan menjadi bersih.

Jika ingin menggunakan hair dryer dan dibantu sisir untuk membantu mempercepat proses pengeringan, maka pilihlah sisir yang bergigi sedikit dan tidak memiliki bola kecil di ujung gigi sisir.

Have a nice day😊 !

SABTU, 3 NOVEMBER 2018

Hi DMers,
Apakah kalian tahu tentang dāna?

Dana dalam agama Buddha diartikan sebagai pemberian dengan tulus dan ikhlas atau melepaskan yang kita miliki. Menurut Buddhis, dāna dikelompokkan menjadi empat bentuk, yaitu:
1. Amisa dāna, dāna materi seperti uang, makanan, air, obat, bunga, lilin, dan dupa.
2. Paricaya dāna, dana dalam bentuk tenaga.
3. Abhaya dāna, dana dalam bentuk memaafkan, memberi rasa aman, rasa nyaman dan menyelamatkan kehidupan makhluk yang menderita.
4. Dhamma dāna, yaitu dana dalam bentuk mental dan spiritual berupa nasihat-nasihat, yang biasa dilakukan para bhikkhu atau pandita. Buddha menyatakan persembahan dana untuk kepentingan Dhamma adalah yang melebihi dana apapun (Sabbadana Dhammadāna Jinati).

Dāna merupakan salah satu dari 10 parami yang disempurnakan oleh seorang Boddhisatta untuk menjadi seorang Buddha. Sang Buddha sendiri mengajarkan kita untuk belajar melepas kemelekatan dengan berdana. Dana yang dilakukan pun harus dilakukan di waktu, saat, dan kepada orang yang tepat.

“Kekayaan dan hal-hal yang dimiliki dapat berpisah, hilang, dan hancur. Kekayaan kebajikan dari berdana akan terjaga dan dinikmati dalam waktu panjang di kehidupan ini dan mendatang”.
~Luong Pho Hong Phrommapunyo~

Have a nice day 😊!

 

SABTU, 27 OKTOBER 2018

Hi DMers,
Apakah kalian tahu apa itu aurora?

Aurora merupakan pancaran cahaya berwarna. Aurora terdapat di atas cakrawala daerah yang berada di lintang tinggi, terjadi karena adanya pembelokan arah angin matahari oleh medan magnet bumi ke daerah kutub dan terjadi reaksi dengan partikel molekul di atmosfer.

Terdapat dua jenis aurora, yakni Aurora Borealis (muncul pada bulan September dan Oktober) yang berada di daerah kutub utara dan Aurora Australis (muncul pada bulan Maret dan April) yang berada di daerah kutub selatan.

Aurora hanya terlihat saat musim gugur dan menjelang musim dingin, karena pada waktu itulah wilayah kutub menerima sedikit paparan sinar matahari yang mengakibatkan siang lebih singkat daripada malam.

Have a nice day 😊 !

SABTU, 20 OKTOBER 2018

Hai DMers,
Apakah kalian tahu apa itu polusi cahaya?

Polusi cahaya merupakan suatu kondisi saat cahaya berpendar berlebihan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Sebagian besar polusi cahaya disebabkan oleh penggunaan lampu-lampu di luar rumah yang sifatnya buatan, seperti lampu penerang jalan, lampu reklame, lampu gedung, dan lain sebagainya.

Kehidupan malam yang terang benderang berbasis lampu tidak sekadar membuat astronom kesulitan melihat situasi benda langit pada malam hari. Polusi cahaya ternyata juga dapat meningkatkan resiko gangguan jantung, obesitas, depresi, kesulitan tidur, diabetes, dan kanker akibat gangguan jam tidur dan jam biologis tubuh manusia.

Upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi polusi cahaya antara lain:
1. Matikan lampu yang tidak digunakan, terutama pada malam hari.
2. Gunakanlah lampu hanya saat dibutuhkan.
3. Gunakan pencahayaan dengan kecerlangan secukupnya (watt reduction).
4. Sinar lampu diarahkan ke bawah dengan menggunakan tudung lampu.

Have a nice day 😊 !

SABTU, 13 OKTOBER 2018

Hai DMers,
Apakah kalian tahu arti dari kode buah-buahan di supermarket?

Jika kita berbelanja buah impor di supermarket pasti tidak asing lagi dengan stiker angka yang di tempelkan pada buah dan sayur impor. Pada tahun 2012, International Federation for Produce Standards (IFPS) mengeluarkan Panduan Pemakaian kode Price Look Up (PLU).

1. Buah dengan kode yang diawali dengan angka 9
Buah yang diawali dengan angka 9 merupakan buah yang paling baik karena ditanam secara alami tanpa menggunakan pestisida, tentunya sangat aman untuk dikonsumsi dan biasanya banyak dicari pencinta makanan organik.

2. Buah dengan kode 4 digit dan diawali dengan angka 3 atau 4
Artinya buah ini ditanam dengan bantuan teknik agronomi, termasuk menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya. Jadi, sebelum dikonsumsi jangan lupa untuk mencuci buahnya dengan air yang mengalir.

3. Kode 5 digit diawali dengan angka 8
Kode ini menunjukkan bahwa buah tersebut adalah hasil dari modifikasi genetika dan pastinya bukan alami lagi. Buah ditanam dengan cara konvensional menggunakan pupuk non-organik. Pisang dan pepaya merupakan contoh buah yang sering menjadi langganan rekayasa genetik.

Bagaimana jika menemukan buah impor tanpa kode?
Semua produk yang diimpor harus melalui pelabelan khusus mengenai teknik produksinya sesuai dengan standar agar mudah dibedakan. Jika buah tersebut tidak memiliki label, maka harus dipertanyakan kualitasnya.

Have a nice day 😊 !

SABTU, 6 OKTOBER 2018

Hai DMers,
Apakah kalian tahu apa itu polusi cahaya?

Polusi cahaya merupakan suatu kondisi saat cahaya berpendar berlebihan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Sebagian besar polusi cahaya disebabkan oleh penggunaan lampu-lampu di luar rumah yang sifatnya buatan, seperti lampu penerang jalan, lampu reklame, lampu gedung, dan lain sebagainya.

Kehidupan malam yang terang benderang berbasis lampu tidak sekadar membuat astronom kesulitan melihat situasi benda langit pada malam hari. Polusi cahaya ternyata juga dapat meningkatkan resiko gangguan jantung, obesitas, depresi, kesulitan tidur, diabetes, dan kanker akibat gangguan jam tidur dan jam biologis tubuh manusia.

Upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi polusi cahaya antara lain:
1. Matikan lampu yang tidak digunakan, terutama pada malam hari.
2. Gunakanlah lampu hanya saat dibutuhkan.
3. Gunakan pencahayaan dengan kecerlangan secukupnya (watt reduction).
4. Sinar lampu diarahkan ke bawah dengan menggunakan tudung lampu.

Have a nice day 😊 !

SABTU, 29 SEPTEMBER 2018

Suatu hari ada seorang tukang kayu, ketika sedang bekerja, secara tak disengaja arlojinya terjatuh dan terbenam di antara tingginya tumpukan serbuk kayu. Arloji itu adalah sebuah hadiah dan telah dipakainya cukup lama. Ia amat mencintai arloji tersebut. Karenanya ia berusaha sedapat mungkin untuk menemukan kembali arlojinya.

Sambil mengeluh mempersalahkan keteledoran diri sendiri, si tukang kayu tersebut membongkar tumpukan serbuk yang tinggi itu. Teman-teman pekerja yang lain juga turut membantu mencarinya. Namun sia-sia saja, arloji kesayangan itu tetap tak ditemukan.

Tibalah saat makan siang. Para pekerja serta pemilik arloji tersebut dengan semangat yang lesu meninggalkan bengkel kayu tersebut. Saat itu, seorang anak yang sejak tadi memperhatikan mereka mencari arloji itu, datang mendekati tumpukan serbuk kayu tersebut. Ia berjongkok dan mencari. Tak berapa lama berselang, ia telah menemukan kembali arloji kesayangan si tukang kayu tersebut.

Tentu si tukang kayu itu amat gembira. Namun ia juga heran, karena sebelumnya banyak orang telah membongkar tumpukan serbuk namun sia-sia. Tapi anak ini hanya seorang diri saja, dan berhasil menemukan arloji itu.

“Bagaimana caranya engkau mencari arloji ini?” tanya si tukang kayu.

“Saya hanya duduk secara tenang di lantai. Dalam keheningan itu saya bisa mendengar bunyi tik-tak, tik-tak. Dengan itu saya tahu di mana arloji itu berada,” jawab anak itu.

Keheningan adalah pekerjaan rumah yang paling sulit diselesaikan selama hidup. Sering secara tidak sadar kita terjerumus dalam seribu satu macam ‘kesibukan dan kegaduhan’. Namun, ada baiknya kita menenangkan diri kita terlebih dahulu sebelum mulai melangkah menghadapi setiap permasalahan.

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018

Hai DMers,
 

Apakah kalian tahu apa saja manfaat kopi?

1. Menghilangkan rasa kantuk.
Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan menangkal rasa kantuk, sehingga anda merasa lebih berenergi dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Menurunkan berat badan.
Kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu tubuh membakar kalori.

3. Mempercantik wajah.
Kopi dapat dijadikan masker sebagai perawatan wajah anda. Selain bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, kopi juga dapat mengatasi wajah berminyak, wajah kusam, menghilangkan komedo, menghaluskan kulit wajah serta mengatasi jerawat.

Have a nice day 😊 !

SABTU, 15 SEPTEMBER 2018

Hai DMers,

Apakah kalian tahu bahwa setelah makan tidak dianjurkan untuk meminum teh?

Meski teh sangat bermanfaat bagi kesehatan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum meminum teh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa asam tannin dan polifenol yang terkandung dalam teh bisa mengikat protein dan zat besi dalam usus.

Akibatnya tubuh tidak dapat menyerap dan mengurai protein serta zat besi. Padahal, kita membutuhkan protein dan zat besi untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Kegunaannya antara lain adalah membentuk jaringan dan sel-sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, menyediakan sumber energi, serta menghasilkan darah yang kaya oksigen.

Bila ingin meminum teh setelah makan, berilah jeda sekitar setengah jam sampai satu jam setelah makan.

Have a nice day 😊 !

SABTU, 8 SEPTEMBER 2018

Hai DMers,

Apakah kalian tahu perbedaan Aphelion &  Perihelion?

Orbit bumi tidaklah bulat sempurna, tapi berbentuk elips. Oleh karena itu, akan ada waktunya bumi berada di titik terdekat dan terjauhnya dengan matahari.

Fenomena di mana posisi bumi berada pada titik terjauh dengan matahari disebut Aphelion. Fenomena ini biasa terjadi pada bulan Juli.

Fenomena di mana posisi Bumi berada pada titik terdekat dengan Matahari disebut Perihelion. Fenomena ini biasa terjadi pada bulan Januari.

Walaupun terjadi perbedaan jarak antara bumi dengan matahari, fenomena ini tidak memiliki dampak signifikan pada suhu bumi.

Have a nice day 😊!

SABTU, 1 SEPTEMBER 2018

Hai DMers,

Apakah kalian tahu bila ada banyak manfaat dari bermain catur?

Beberapa manfaat tersebut yaitu:
1. Memperbaiki memori
Saat bermain catur kita harus menyusun strategi dan harus diingat di dalam otak. Saat mengingat strategi, memori otak akan terasah secara tidak sengaja. Semakin sering mengingat strategi, semakin tajam juga kemampuan otak dalam mengingat.

2. Meningkatkan logika berpikir
Ketika kita menyusun rencana untuk menjaga bidak-bidak atau pion catur supaya tidak termakan oleh lawan, secara tidak langsung melatih logika berpikir kita.

3. Mencegah Alzheimer (kelainan otak dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku)
Setiap orang memiliki resiko terkena penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, bermain catur dapat merangsang otak sehingga kemampuan daya ingat otak tidak melemah.

Have a nice day 😊!

SABTU, 25 AGUSTUS 2018

Hi DMers,
Apakah kalian tahu asal-usul simbol ampersand (&)?

Simbol ampersand (&) sebenarnya berasal dari bahasa latin E dan T yang saling tumpang-tindih. Makna simbol ini sama dengan ‘and’ dalam bahasa Inggris, serta ‘dan’ dalam bahasa Indonesia.

Ampersand pertama kali ditemukan di Roma kuno oleh Tiro, sekretaris pribadi Kaisar Cicero. Tiro menggunakan ampersand karena terburu-buru saat menulis. Namun tak disangka, singkatan itu menjadi populer. Sistem singkatan itu kemudian dikenal sebagai Catatan Tironian.

Have a nice day 😊!

SABTU, 18 AGUSTUS 2018

Hi DMers,
Apakah kalian tahu apa itu acrophobia?

Acrophobia merupakan ketakutan berlebihan terhadap ketinggian. Orang yang menderita acrophobia akan memiliki rasa panik atau kecemasan yang ekstrem bila berada di tempat tinggi.

Orang yang mengidap acrophobia akan langsung bereaksi ketika berada pada ketinggian, seperti berlutut atau mencari sesuatu untuk pegangan. Biasanya penderita akan mengalami kesulitan bernapas, jantung berdetak cepat, gemetar, berkeringat, pingsan, mual, muntah, dan pusing.

Faktor penyebab timbulnya acrophobia biasanya berasal dari pengalaman traumatis, terutama yang berkaitan dengan jatuh dari tempat yang tinggi atau kecelakaan lainnya.

Have a nice day 😊!

SABTU, 11 AGUSTUS 2018

Hi DMers,

Apakah kalian tahu denah Candi Borobudur melambangkan 3 tingkatan ranah spiritual?

Candi Borobudur memiliki denah membentuk pola mandala besar dan melambangkan ketiga tingkatan ranah spiritual dalam ajaran Buddha, antara lain:

1. Kamadathu
Bagian dasar candi (tingkat pertama dan kedua) yang sebagian besar tertutup tumpukan batu melambangkan dunia yang masih dikuasai oleh kama atau ‘nafsu rendah’.

2. Rupadathu
Tingkat ke-3 sampai ke-6 terdapat empat undak teras berbentuk persegi yang dihiasi relief-relief pada dindingnya. Rupadathu melambangkan dunia yang sudah terbebas dari nafsu, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk.

3. Arupadathu
Tingkat ke-7 sampai ke-9 memiliki denah berbentuk lingkaran yang melambangkan dunia yang telah bebas dari segala keinginan dan ikatan bentuk dan rupa, tetapi belum mencapai nibbana.

Tingkatan tertinggi (tingkat ke-10) diwujudkan dalam stupa terbesar dan tertinggi yang polos tanpa lubang-lubang. Stupa tersebut melambangkan ketiadaan wujud yang sempurna.

Have a nice day 😊!

SABTU, 4 AGUSTUS 2018

Hai DMers,

Apakah kalian tahu tentang anatta?

Anatta dalam bahasa Pali berarti “tiada-aku”. Sebagai konsep, anatta merupakan kebalikan dari kata atta yang berarti “aku”. Konsep anatta menjelaskan bahwa diri ini sesunguhnya tidak mempunyai inti yang tetap. Hal ini termasuk tubuh jasmani yang kita sayangi tidak memiliki inti yang tetap.

Sang Buddha mengajarkan kita untuk memahami bahwa “tiada-aku yang tetap” agar kita bisa memahami bahwa diri ini terdiri dari perpaduan berbagai unsur, tanpa ada inti yang tetap. Dengan demikian, kita diharapkan untuk mengurangi sisi keakuan (egoisme), dapat menerima segala perubahan yang ada, dan mengurangi pemuasan hawa nafsu secara berlebihan.

“Anda tidak akan menemukan kedamaian dengan mengulang waktu dan menata hidup kembali, tapi dengan memahami dan menyadari diri ini tanpa inti (anatta), kedamaian akan mencari Anda.”
~Eckhart Tolle~

Have a nice day 😊!

SABTU, 28 JULI 2018

Hai DMers,

Apakah kalian tahu tentang dukkha?

Dukkha dapat diartikan sebagai penderitaan, ketidakpuasan, kesedihan, kemalangan, dan keputus-asaan.

Faktor terbesar penderitaan (dukkha) adalah kemelekatan. Bertemu dengan yang tidak disukai, berpisah dengan yang dicintai, dan hidup tidak sesuai dengan harapan yang ada akan menimbulkan dukkha.

Seseorang yang terlalu melekat tidak akan bisa menerima kenyataan bahwa segala sesuatu adalah tidak kekal dan selalu berubah, sedangkan menghentikan dukkha sendiri adalah tujuan utama dari praktik dhamma. Oleh karena itu, Sang Buddha mengajarkan kita untuk tidak melekat pada segala sesuatu agar kita dapat melatih diri untuk terbebas dari penderitaan (dukkha).

“Untuk mengerti dukkha, kita harus belajar menerima dukkha itu sendiri, daripada berusaha menolak dan melenyapkan dukkha.”
~Ajahn Sumedho~

Have a nice day 😊!

SABTU, 21 JULI 2018

Hai DMers, 

Apakah kalian tahu apa itu Anicca?

Anicca diartikan sebagai ketidak-kekalan, bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah tidak kekal. Anicca adalah salah satu dari tiga corak umum hidup di dunia. Segala bentuk perasaan, materi, dan kehidupan akan lenyap.

Oleh karena itu Sang Buddha mengajarkan kita untuk tidak melekat pada perasaan, benda, atau materi yang kita miliki dan hendaknya kita bersikap bijak dalam menghadapi perubaan yang terjadi setiap saat.

“Adalah tidak kekal segala sesuatu terbentuk, segalanya muncul dan lenyap kembali, mereka muncul dan kembali terurai. Kebahagiaan tercapai bila segalanya telah harmonis”

~Digha-Nikaya, Mahaparinibana Sutta~

Have a nice day 😊!

SABTU, 1 4 JULI 2018

Pada suatu hari, seorang anak perempuan mengeluh kepada ayahnya mengenai masalah yang tak kunjung henti. Anak itu lelah harus berjuang sepanjang waktu. Ayahnya kemudian membawanya ke dapur, mengisi tiga panci dengan air, dan menaruhnya di atas api yang besar. Setelah air di ketiga panci tersebut mulai mendidih, ia memasukkan kentang, telur, dan beberapa biji kopi ke dalam tiga panci berbeda.

Ayah kemudian beralih menatap putrinya dan bertanya apa yang ia lihat. “Kentang, telur, dan kopi,” putrinya menjawab. “Lihatlah lebih dekat, dan sentuh kentang ini,” kata sang ayah. Putrinya melakukan apa yang diminta oleh ayahnya dan merasakan kentang itu menjadi lembut. Kemudian sang ayah memintanya untuk mengambil telur dan memecahkannya. Setelah membuang kulitnya, ia mendapatkan sebuah telur rebus. Terakhir, sang ayah memintanya untuk mencicipi kopi.

Anak perempuan itu kebingungan, masih belum mengerti tujuan dari hal yang ayahnya lakukan. Kemudian sang ayah menjelaskan bahwa kentang, telur, dan biji kopi masing-masing telah dihadapkan dengan kesulitan yang sama, yaitu air mendidih. Namun, masing-masing menunjukkan reaksi yang berbeda. Kentang itu kuat dan keras. Tapi ketika dimasukkan ke dalam air mendidih, kentang menjadi lunak dan lemah. Sebaliknya, telur yang cair dan hanya dilindungi dengan kulit luar rapuh malah menjadi keras. Namun, biji kopi yang paling unik. Setelah biji kopi terkena air mendidih, biji kopi mengubah air dan menciptakan sesuatu yang baru.

Setelah mendengar penjelasan sang ayah, anak perempuan itu pun memahami pesan yang disampaikan ayahnya bahwa ketika banyak kesulitan hadir dalam kehidupan ini, yang terpenting bukanlah seberapa sulit masalah yang kita hadapi, tetapi bagaimana cara kita menyikapi permasalahan tersebut.