Renungan Kebaktian “Datang, Lihat, dan Buktikan”

Namo Buddhaya, Welcome to Dharmayana!

Renungan Kebaktian “Datang, Lihat, dan Buktikan”

“Datang, Lihat, dan Buktikan”
oleh Corneles Wowor, M.A.

Berbicara tentang Dimas Kanjeng si pengganda uang, dikatakan bahwa seseorang mampu menggandakan uang jika ia memiliki abhinna yang dengan meditasi siapa pun bisa memiliki abhinna tersebut. Maka dari itu ehipassiko-lah jawabannya.

Ada yang bertanya,
Q: Menurut pandangan buddhis wanita dan pria seperti apa?
A: Menurut pandangan buddhis wanita dan pria adalah sama, sederajat. Yang membuat adanya ketimpangan adalah budaya atau tradisi dari lingkungan itu sendiri.
Q: Apakah bukti dari doa?
A: Doa adalah sebuah harapan. Jika kita sering membaca paritta atau liam keng maka bisa mendatangkan dewa & dewi. Membaca paritta atau liam keng membuat kita memancarkan cinta kasih (metta) sehingga para dewa & dewi senang berada di sekitar kita dan akan dapat membantu kita dalam keadaan tertentu jika karma kita mencukupi untuk ditolong dewa & dewi. Paritta dan liam keng yang merupakan tekad dan pengharapan kita bisa saja belum terealisasi hingga saat ini, tetapi jangan patah semangat. Tetaplah berusaha dan meningkatkan perbuatan-perbuatan baik dan jangan sampai terlena oleh kebodohan, keserakahan dan kebencian.

#28/10/2016