[PDKT] PusDiKes Time

PDKT atau PusDiKes Time adalah salah satu inovasi dari divisi perPustakaan, penDidikan dan Kesehatan atau biasa disingkat dengan PusDiKes dari Badan Pengurus Harian Dharmayana yang memberikan informasi – informasi baru mengenai pendidikan dan kesehatan untuk menambah pengetahuan DMers.

SABTU, 11 AGUSTUS 2018

Hi DMers,

Apakah kalian tahu denah Candi Borobudur melambangkan 3 tingkatan ranah spiritual?

Candi Borobudur memiliki denah membentuk pola mandala besar dan melambangkan ketiga tingkatan ranah spiritual dalam ajaran Buddha, antara lain:

1. Kamadathu
Bagian dasar candi (tingkat pertama dan kedua) yang sebagian besar tertutup tumpukan batu melambangkan dunia yang masih dikuasai oleh kama atau ‘nafsu rendah’.

2. Rupadathu
Tingkat ke-3 sampai ke-6 terdapat empat undak teras berbentuk persegi yang dihiasi relief-relief pada dindingnya. Rupadathu melambangkan dunia yang sudah terbebas dari nafsu, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk.

3. Arupadathu
Tingkat ke-7 sampai ke-9 memiliki denah berbentuk lingkaran yang melambangkan dunia yang telah bebas dari segala keinginan dan ikatan bentuk dan rupa, tetapi belum mencapai nibbana.

Tingkatan tertinggi (tingkat ke-10) diwujudkan dalam stupa terbesar dan tertinggi yang polos tanpa lubang-lubang. Stupa tersebut melambangkan ketiadaan wujud yang sempurna.

Have a nice day 😊!

SABTU, 4 AGUSTUS 2018

Hai DMers,

Apakah kalian tahu tentang anatta?

Anatta dalam bahasa Pali berarti “tiada-aku”. Sebagai konsep, anatta merupakan kebalikan dari kata atta yang berarti “aku”. Konsep anatta menjelaskan bahwa diri ini sesunguhnya tidak mempunyai inti yang tetap. Hal ini termasuk tubuh jasmani yang kita sayangi tidak memiliki inti yang tetap.

Sang Buddha mengajarkan kita untuk memahami bahwa “tiada-aku yang tetap” agar kita bisa memahami bahwa diri ini terdiri dari perpaduan berbagai unsur, tanpa ada inti yang tetap. Dengan demikian, kita diharapkan untuk mengurangi sisi keakuan (egoisme), dapat menerima segala perubahan yang ada, dan mengurangi pemuasan hawa nafsu secara berlebihan.

“Anda tidak akan menemukan kedamaian dengan mengulang waktu dan menata hidup kembali, tapi dengan memahami dan menyadari diri ini tanpa inti (anatta), kedamaian akan mencari Anda.”
~Eckhart Tolle~

Have a nice day 😊!

SABTU, 28 JULI 2018

Hai DMers,

Apakah kalian tahu tentang dukkha?

Dukkha dapat diartikan sebagai penderitaan, ketidakpuasan, kesedihan, kemalangan, dan keputus-asaan.

Faktor terbesar penderitaan (dukkha) adalah kemelekatan. Bertemu dengan yang tidak disukai, berpisah dengan yang dicintai, dan hidup tidak sesuai dengan harapan yang ada akan menimbulkan dukkha.

Seseorang yang terlalu melekat tidak akan bisa menerima kenyataan bahwa segala sesuatu adalah tidak kekal dan selalu berubah, sedangkan menghentikan dukkha sendiri adalah tujuan utama dari praktik dhamma. Oleh karena itu, Sang Buddha mengajarkan kita untuk tidak melekat pada segala sesuatu agar kita dapat melatih diri untuk terbebas dari penderitaan (dukkha).

“Untuk mengerti dukkha, kita harus belajar menerima dukkha itu sendiri, daripada berusaha menolak dan melenyapkan dukkha.”
~Ajahn Sumedho~

Have a nice day 😊!

SABTU, 21 JULI 2018

Hai DMers, 

Apakah kalian tahu apa itu Anicca?

Anicca diartikan sebagai ketidak-kekalan, bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah tidak kekal. Anicca adalah salah satu dari tiga corak umum hidup di dunia. Segala bentuk perasaan, materi, dan kehidupan akan lenyap.

Oleh karena itu Sang Buddha mengajarkan kita untuk tidak melekat pada perasaan, benda, atau materi yang kita miliki dan hendaknya kita bersikap bijak dalam menghadapi perubaan yang terjadi setiap saat.

“Adalah tidak kekal segala sesuatu terbentuk, segalanya muncul dan lenyap kembali, mereka muncul dan kembali terurai. Kebahagiaan tercapai bila segalanya telah harmonis”

~Digha-Nikaya, Mahaparinibana Sutta~

Have a nice day 😊!

SABTU, 1 4 JULI 2018

Pada suatu hari, seorang anak perempuan mengeluh kepada ayahnya mengenai masalah yang tak kunjung henti. Anak itu lelah harus berjuang sepanjang waktu. Ayahnya kemudian membawanya ke dapur, mengisi tiga panci dengan air, dan menaruhnya di atas api yang besar. Setelah air di ketiga panci tersebut mulai mendidih, ia memasukkan kentang, telur, dan beberapa biji kopi ke dalam tiga panci berbeda.

Ayah kemudian beralih menatap putrinya dan bertanya apa yang ia lihat. “Kentang, telur, dan kopi,” putrinya menjawab. “Lihatlah lebih dekat, dan sentuh kentang ini,” kata sang ayah. Putrinya melakukan apa yang diminta oleh ayahnya dan merasakan kentang itu menjadi lembut. Kemudian sang ayah memintanya untuk mengambil telur dan memecahkannya. Setelah membuang kulitnya, ia mendapatkan sebuah telur rebus. Terakhir, sang ayah memintanya untuk mencicipi kopi.

Anak perempuan itu kebingungan, masih belum mengerti tujuan dari hal yang ayahnya lakukan. Kemudian sang ayah menjelaskan bahwa kentang, telur, dan biji kopi masing-masing telah dihadapkan dengan kesulitan yang sama, yaitu air mendidih. Namun, masing-masing menunjukkan reaksi yang berbeda. Kentang itu kuat dan keras. Tapi ketika dimasukkan ke dalam air mendidih, kentang menjadi lunak dan lemah. Sebaliknya, telur yang cair dan hanya dilindungi dengan kulit luar rapuh malah menjadi keras. Namun, biji kopi yang paling unik. Setelah biji kopi terkena air mendidih, biji kopi mengubah air dan menciptakan sesuatu yang baru.

Setelah mendengar penjelasan sang ayah, anak perempuan itu pun memahami pesan yang disampaikan ayahnya bahwa ketika banyak kesulitan hadir dalam kehidupan ini, yang terpenting bukanlah seberapa sulit masalah yang kita hadapi, tetapi bagaimana cara kita menyikapi permasalahan tersebut.

SABTU, 7 JULI 2018

Hai DMers, 


Apakah kalian tahu ada beberapa manfaat kerokan selain untuk menghilangkan masuk angin?

1. Kulit semakin banyak mendapatkan oksigen.
Bagi kulit, oksigen berfungsi dalam regenerasi sel. Kerokan dapat membuka pori-pori kulit dan mempermudah kulit untuk mendapatkan oksigen dari luar.

2. Memperlebar aliran di pembuluh darah yang sempit.
Kerokan membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga aliran oksigen dalam darah menjadi lancar.

3. Membuat perasaan menjadi lebih baik.
Hal ini disebabkan karena adanya hormon endorfin yang biasa dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Endorfin dapat membuat perasaan lebih tenang dan nyaman.

Have a nice day 😊!

SABTU, 30 JUNI 2018

Hai DMers,

Apakah kalian tahu bahwa yoghurt bermanfaat bagi tubuh kita?

Yoghurt mempunyai beberapa kandungan seperti vitamin B1, vitamin B2, dan beberapa jenis asam amino penyusun protein. Kandungan kalsium dan fosfor pada yoghurt sangat tinggi sehingga baik untuk mencegah osteoporosis serta kanker usus.

Selain itu, yoghurt juga dapat menurunkan kolesterol. Kandungan probiotik dan bakteri asam laktat yang ada di dalam yoghurt mampu menghambat absorbsi kolesterol. Ikatan kolesterol dalam makanan akan dipecah menjadi ikatan sterol dan kemudian dikeluarkan bersama feces.

Have a nice day 😊!

 

SABTU, 23 JUNI 2018

Hai DMers,

Tahukah kalian bahwa langsung menggosok gigi setelah makan itu kurang baik?

Howard R. Gamble dari Academy of General Dentistry mengungkapkan bahwa langsung menggosok gigi setelah makan atau minum dapat melunakkan email gigi, apalagi jika baru mengonsumsi makanan yang mengandung asam (contohnya tomat, buah jeruk, dan soda). 

Email adalah lapisan terluar yang menutupi seluruh mahkota gigi, berfungsi untuk melindungi gigi, dan merupakan bagian tubuh dengan konsentrasi kalsium paling tinggi. Meskipun sangat keras, email rentan terhadap serangan asam. Bila sampai terjadi kerusakan, email tidak dapat memulihkan dirinya sendiri.

Maka dari itu, Gamble menyarankan untuk menggosok gigi 30-60 menit setelah makan atau minum.

Have a nice day !

SABTU, 16 JUNI 2018

Hai DMers,

Tahukah kalian apa itu sleep paralysis?

Sleep paralysis adalah salah satu jenis parasomnia. Sleep paralysis merujuk pada keadaan ketidakmampuan bergerak ketika sedang tidur ataupun ketika bangun tidur. Seseorang yang mengalami sleep paralysis biasanya akan mengalami masalah untuk menggerakkan anggota tubuh dan tidak bisa mengeluarkan suara. Penyebab sleep paralysis adalah waktu tidur yang tidak teratur, terlalu banyak bergadang, dan stres.

Sleep paralysis ini tidak berbahaya dan akan berakhir setelah beberapa detik ataupun menit. Setiap orang pun akan mengalami fenomena kelumpuhan setidaknya satu atau beberapa kali dalam hidupnya. Fenomena ini juga dapat terjadi pada siapapun, tua, muda, wanita maupun pria. Namun ini lebih sering terjadi pada remaja hingga dewasa muda.

Have a nice day !

SABTU, 9 JUNI 2018

Hai DMers,
Apakah kalian tahu hal yang dilakukan untuk menghilangkan kebencian dalam agama Buddha?

Dalam kitab suci Anguttara Nikaya V:161, Buddha menjelaskan ada lima hal yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan kebencian yaitu:
1. Mettā: Cinta kasih harus dikembangkan.
2. Karuṇā: Welas asih/belas kasihan harus dikembangkan.
3. Upekkhā: Keseimbangan batin harus dikembangkan.
4. Asati-amanasikara: Berusaha melupakan kebencian itu.
5. Kammasakata: Merenungkan tentang kepemilikan kamma masing-masing (tanggung jawab kamma).

Have a nice day 😊!

SABTU, 2 JUNI 2018

Hai DMers,
Apakah kalian tahu cara menghentikan cegukan?

Apabila cegukan bukan disebabkan oleh reaksi dari obat-obatan, maka cegukan tersebut biasanya akan reda dengan sendirinya tanpa perlu mendapatkan penanganan medis.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membantu menghilangkan cegukan lebih cepat yaitu:
1. Membungkuk ke arah depan sehingga dada anda terasa seperti tertekan.
2. Tarik kedua lutut hingga menyentuh dada.
3. Menahan nafas dalam waktu yang relatif singkat.
4. Minum air dingin secara perlahan-lahan.
5. Menggigit lemon.

Have a nice day 😊!

Close Menu